Skip to main content

Nasi Goreng

 


Kalo lagi laper tengah malem yang gampang dibikin cuma Nasi Goreng atau indomie. Dari jaman sekolah, sambil buat tugas kelompok pasti kelaparan tengah malam. Biasaaa..anak sekolah kantong cekak, ilmu peta kompas dari Mapala cuma bisa Azimuth tembak langsung ke arah dapur. Mau dapur di rumah sendiri atawa dapur di rumah temen. Orientasi medan cuma dapur. 

NGebe,.. istilah barudak kampus, alias Nge Benalu...alias Berani Nantang Malu. Cuma modal sikat gigi yang udah patah batangnya udah cukup buat pergi tugas belajar kelompok, perkara baju ganti buat besok kuliah gampang,..pinjam punya kawan, yang bekas punya kita, tinggalin....

Nasi goreng juga jadi masakan gampang buat yang tugas di base camp ketika tugas DIKDAS - Pendidikan Dasar Kegiatan Alam Terbuka, dari Mountaineering, Diving dan Gunung Hutan. 

Saking udah jadi makanan umum orang Indonesia,  Seorang Wanita Belanda kelahiran Surabaia, Louisa Johanna Theodora "Wieteke" van Dort dikenal di Indonesia dengan nama Tante Lien,  sampe buat Lagu soal nasi goreng. 

Dengan dialek rada "Kreol Indisch"  Belanda ke Indonesia an, lugas, gamblang, Lagu "Geef mij maar nasi goreng" jadi seolah seperti orang Indonesia yang nembangnya.



Toen wij repatrieerden uit de gordel van smaragd
Dat Nederland zo koud was hadden wij toch nooit gedacht
Maar ‘t ergste was ‘t eten.
Nog erger dan op reis
Aardapp’len, vlees en groenten en suiker op de rijst
Geef mij maar nasi goreng met een gebakken ei 
Wat sambal en wat kroepoek en een goed glas bier erbij
Geef mij maar nasi goreng met een gebakken ei
Wat sambal en wat kroepoek en een goed glas bier erbij
Geen lontong, sate babi, en niets smaakt hier pedis 
Geen trassi, sroendeng, bandeng en geen tahoe petis
Kwee lapis, onde-onde, geen ketella of ba-pao
Geen ketan, geen goela-djawa, daarom ja, ik zeg nou


Ik ben nou wel gewend, ja aan die boerenkool met worst 
Aan hutspot, pake klapperstuk, aan mellek voor de dorst
Aan stamppot met andijwie, aan spruitjes, erwtensoep
Maar ‘t lekkerst toch is rijst, ja en daarom steeds ik roep


Selain Lagu "Nasi Goreng", ada lagu "Kerontjong Kemajoran", "Burung Kakatua" dan semua lagu Indonesia.

Gaya Tante Lien sebagai entertainer mirip Titiek Puspa, hehehehe,..atau kebalikannya. Kalo disimak semua soal Tante Lien di youtube, seolah Tante Lien lebih "Indonesia" ketimbang orang Indonesia nya sendiri. 

Program Televisi di Denhaag sana yang diusung Tante Lien, "The Late Late Lien Show"  bernuansa Indonesia banget. Sedikit mirip Sambrah Betawi dimana audiens diajak berinteraksi malah nyanyi bareng dengan si pembawa acara. Dari bahasa istilah, lagu-lagu segala semua kue buatan orang Indonesia, kumplit ada sebagai pelengkap setting property.

Sayangnya Program acara Tante Lien ga disiarin di Indonesia, ngulik di youtube yang ada program tahun 1978, weleeeh... jamannya bocah kencing belom lurus.

Underline is hampir semua soal Indonesia dibawa ke Belanda, perkara Nasi Goreng itu soal rasa, rasa yang Indonesia. Rasa yang ada di jaman saya bocah dulu sampe sekarang. Jaman yang rasanya jarak Indonesia ke Belanda cuma sejengkal. Sejengkal karena Tante Lien ngajarin cinta Budaya, Budaya Indonesia.

Jadi kebawa kenangan masa kecil dulu, seolah "rendevouz" nya orang muda yang tengah becinte, kenangan dengan orang-orang yang pernah dekat, yang rajin buatin Nasi Goreng, kenangan dengan orang-orang yang ngajarin bahas Belanda yang susah-susah gampang bikin keseleo lidah.

Smaagleg eeiten Meneer,..zonder betaalen...!


Comments