Skip to main content

10 Tips buat Fotografer Newbie

 10 Tips buat Fotografer Newbie







Kalau kamu mulai terbiasa menggunakan DSLR boleh juga boleh ikuti 10 Tips Berikut

1. Genggam / Pegang kamera ketika memotret, Jangan goyang. 
Biarkan selesai proses interpolasi kartu memori, yaitu proses kartu memori ketika merekam gambar

2. Gunakam Filter UV
Gunakan Filter UV ( Ultra Violet ) pada semua lensa yang anda miliki, karena selain membuat foto anda jadi tampak bagus, Filter UV juga berfungsi sebagai pelindung lensa 

3. Pelajari semua menu penting pada kamera Anda
Pelajari cara merubah ISO, Aperture, Shutter Speed dengan cepat. Sering-seringlah melatih diri sehingga jadi terbiasa mengatur dalam segala kondisi

4. Lengkapi dengan Tripod dan Remote Release
Selain memiliki kamera, lensa, Flash sebaiknya juga anda membeli Tripod dan Remote Release. Sangat berguna ketika anda harus memotret di malam hari dan atau dengan Long Exposure ( memotret dengan teknis membuka setelan aperture agak sedikit lebih lama dari biasa nya ).





5. Pelajari semua Referensi soal Fotografi.
Sekarang ini sudah banyak literatur tentang Fotografi yang bisa kita cari di google, Youtube dan media sosial lainnya.

6. Hati-hati dengan Mirror di dalam kamera Anda
Penting sekali supaya jangan sekali-kali menyentuh mirror yang terdapat di dalam kamera anda ( apabila lensa di copot maka akan tampak seperti cermin )

7. Hindari menukar/mengganti lensa pada kondisi cuaca berangin atau di pantai.
Pastikan jika anda ingin memotret, lensa sudah terpasang pada kamera. Dan apabila hendak mengganti lensa, posisi kamera terbalik ke bawah. Agar angin yang mungkin saja membawa debu, pasir dan lain-lain tidak ikut masuk ke dalam body kamera anda.

8. Berhati-hati terhadap guncangan kamera pada saat memotret
Jika periksa koleksi foto-foto anda terdapat foto yang buram atau tidak fokus, biasanya terjadi karena guncangan kamera. Naikkan shutter speed, equivalent dengan panjang Fokal lensa anda. Pegang kamera anda dengan kokoh, dekatkan dengan tubuh anda atau bisa juga dengan bantuan Tripod.




9. Berpikir dan bertindak lebih efisien 
Penting juga ketika anda membeli tas kamera. Pada umumnya seorang Fotografer ingin memiliki 3 lensa atau lebih. Sehingga kadang bingung untuk memilih tas yang bisa membawa semua peralatan tersebut. Boleh juga memiliki 2 tas. Untuk kebutuhan yang simpel dan ringan, satu lagi  memang untuk kebutuhan segala kondisi yang sangat penting sekali ketika anda bepergian jauh untuk memotret

10. Memotret, menjepret, memotret,...
Cara tercepat dan terbaik buat belajar dan menjawab rasa ingin tahu anda soal fotografi adalah dengan perbanyak latihan memotret, apapun itu. Coba dengan merobah angka-angka pada Aperturepada saat memotret landscapemerobah Shutter speed pada saat memotret benda bergerak dan merubah ISO ketika anda ingin memotret pada kondisi cahaya yang berbeda gelap terangnya.


Mudah-mudahan bermanfaat buat kamu yang masih baru ingin belajar memotret

Salam jepret

Sintang, Kalimantan Barat, 20-21 Maret 2016

*Sharing is my pleasure
*Sweet Home PasarMinggu


Comments